Thursday, November 1, 2012


Menurut para ahli astronomi, tata surya kita terbentuk sekitar 4,6 milyar tahun yang lalu.
pada saat terbentuknya matahari planet planet yang mengelilingi matahari merupakan pecahan pecahan yang meledak pada saat matahari terbentuk serpihan tersebut pada akirnya membentuk bola bola yang ukurannya bervariasi.yang disebut planet terutama bumi.

Sebelumnya para ahli astronomi hanya mengetahui bahwa sistem tata surya hanya dimiliki oeh kita.akan tetapi sejak 1995 para ilmuwan bumi menyatakan ada beberapa sistem tata surya di luar angkasa yang mirip dengan tata surya kita. pada tahun tersebut sudah dilihat bahwa adanya planet planet mengelilingi suatu objek seperti matahari,sehingga pada tahun tersebut para astronomi berkeyakinan bahwa masih ada jutaan sistem tatasury di jagat raya akan tetapi mereka masih meragukan apakah adanya kehidupan seperti di bumi.


Apa itu sistem tata surya ?
Sistem tata surya adalah sebuah kumpulan planet yang berputar atau bergerak mengelilingi orbitnya masing masing.planet dalam tata surya kita pada awalnya tercatat 9 planet, setelah diteliti lebih lanjut bahwa pluto tidak memiliki kriteria sebagai planet, jadio planet dalam sistem tata ssurya hanya berjumlah 8 mereka bergerak mengelilingi matahari dengan arah kebalikan dari jarum jam, yaitu dari kanan ke kiri dengan masing masing orbit berbentuk elips.

Selain planet tata surya kita memiliki bulan sebagai satelit. menurut para ahli astronomi satelit yang dimiliki oleh kita sebanyak 50 buah. semua bergerak mengelilingi matahari sebabgi pusat tata surya 


Tata surya diyakini terbentuk sekitar 4,6 juta tahun yang lalu setelah terjadinya ledakan besar yang disebut dengan bigbang yang merupakan sebuah hipotesa tentang pembentukan tata surya kita, akan tetapi pengertian hipotesa bermacam macam menrut para ahli yang mengemukakannya.

Welcome to My Blog

Popular Post

Powered by Blogger.

- Copyright © Astrono|Media -Robotic Notes- Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan -