Friday, November 2, 2012




Jika ngarai atau jurang terdalam dan terbesar di Bumi adalah grand Canyon, maka ngarai atau jurang terbesar dan terdalam di tata surya ada di Mars yaitu Valles Marineris.

Valles Marineris merupakan fitur geologi yang sangat besar yaitu dengan ukuran panjang mencapai 4000 km, lebar 200 km, dan kedalamannya mencapai 10 km. Ukuran jurang tersebut 5 kali lebih besar dari Grand Canyon. Dengan panjang seperti itu, kita bisa membayangkan jarak dari ujung Amerika timur hingga Amerika Barat.

Nama Valles Marineris sendiri diambil dari pesawat ruang angkasa NASA pertama yang mengorbit Mars pada 14 November 1971 yang menemukan jurang ini. Diperkirakan jurang Valles Marineris ini terbentuk sebagai akibat dari aktivitas Vulkanik di daerah Tharsis tempat di mana gunung tertinggi di tata surya Olympus Mons berada. Kerak planet Mars bergerak membentang dan akhirnya daerah tersebut membuka dan runtuh membentuk jurang yang dalam. Kemudian tanah di sekitarnya longsor dan air yang waktu itu ada mengalir dan membentuk salurannya berkelok-kelok. Itu terjadi miliaran tahun yang lalu. Valles Marineris juga yang menjadi bukti bahwa di Mars juga terdapat lempeng tektonik.

Bagian dari Valles Marineris yang terlebardisebut dengan Melas Chasma. Chandor Chasma adalah daerah Valles Marineris yang menuju ke utara. Sedangkan Hebes Chasma merupakan bisa kita lihat di bagian kiri atas pada gambar.

Di bawah ini adalah video yang dibuat oleh ESA pada tahun 2006 yag menggambarkan seperti apa rasanya jika kita dengan menggunakan helikopter menyusuri ngarai atau kawah Valles Marineris ini. Harapannya suatu hari akan ada misi atau wahana yang dapat mengeksplorasi langsung daerah ini

Welcome to My Blog

Popular Post

Powered by Blogger.

- Copyright © Astrono|Media -Robotic Notes- Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan -